Rabu, 16 November 2011

GLOSARIUM

Arti Istilah-istilah.
1. Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja dan pasar wilayah tersebut.


2. Genosida adalah pembantaian besar - besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau kelompok dengan maksud memusnahkan bangsa tersebut.


3. Segresi adalah pemisahan sebagian kelompok dari induk kelompoknya dengan tujuan dan pertimbanga khusus agar dapat dilakukan pengamatan dengan baik.


4. Amalgamasi adalah perkawinan dan pembiakan anatara ras atau etnik yang berbeda [berlainan]


5. Pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok - kelompok yang menunjukan rasa saling hormat dan toleransi satu sama lain. Serta hidup bersama [koeksistensi] dan membuahkan hasil tanpa adanya konflik asimilasi.


6. Multikulturalisme adalah beraneka ragam jenis baik budaya, ras, adat - istiadat, suku bangsa, bahasa, dan keanekaragaman lainnya.


7. Gemeinschaft adalah pola masyarakat yang ditandai dengan hubungan anggota-anggotanya bersifat pribadi, sehingga menimbulkan ikatan yang sangat mendalam dan batiniah.


8. Gesselschaft, yaitu masyarakat yang kehidupan anggotanya lebih mengutamakan kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan, serta memperhitungkan untung rugi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar