Sabtu, 13 Agustus 2011

JARINGAN KOMPUTER

1.1 Apa Jaringan Komputer itu?
Jaringan komputer adalah Hubungan antara 2 komputer atau lebih.
Jaringan komputer antara lain dapat dikelompokkan menurut beberapa hal contohnya menurut skalanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 4 yaitu :
  • LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • WAN (Wide Area Network)
  • GAN (Global Area Network) atau sering kita sebut Internet
Sedangkan jaringan berdasarkan media koneksi dibagi menjadi 3 yaitu :
  1. Fiber Optik (FO)
Fiber optik merupakan sebuah teknologi komunikasi yang menggunakan benang kaca atau plastik untuk mentransmisikan data. Sebuah kabel fiber optik terdiri atas sebundel benang-benang kaca, dimana tiap benang dapat mentranmisikan pesan yang dimodulasikan sebagai gelombang cahaya. Fiber optik memiliki beberapa keunggulan, seperti :
  • Bandwidth yang lebih besar dibandingkan kabel tembaga atau kabel logam lainnya. Konsekuensinya kabel fiber biasa mentransmisi data lebih banyak. 
  • Kabel fiber optik lebih tahan terhadap interferensi dibandingkan kabel lainnya.
  • Kabel fiber optik memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan kabel logam.
  • Dengan fiber optik, data bisa ditransmisikan secara digital dan bukan secara analog.
Namun, fiber optik juga memiliki beberapa kelemahan, seperti lebih mahal biaya instalasinya, serta lebih rapuh dan sulit untuk dipotong. Fiber optik merupakan teknologi yang populer untuk LAN, dan juga mulai lazim dipakai didunia telekomunikasi.
 Gambar 1.1 Kabel Fiber Optik

     2.  Ethernet
Ethernet merupakan arsitektur LAN yang dikembangkan oleh Xerox bekerja sama dengan DEC dan Intel di tahun 1976. Versi terbaru ethernet bisa mentransfer data hingga 100 Mbps. Versi yang terkini malah sudah bisa menjangkau 1 gigabit per detik. Waahhh hebattt!!!
Untuk membuat jaringan berkabel, ethernet-lah standar utama yang lazim dipakai.
Gambar 1.2 Slot soket RJ-45, salah satu media jaringan yang 
menggunakan media ethernet

     3.  Wireless LAN
Kata Wireless artinya tidak punya wire/kawat. Dalam istilah jaringan komputer, wireless LAN adalah sebuah jaringan di mana tidak ada koneksi fisik yang menghubungkan antar komputer di jaringan. Komputer-komputer yang ada dihubungkan menggunakan gelombang radio atau gelombang mikro agar bisa berkomunikasi. Piranti-piranti yang digunakan untuk koneksi wireless biasanya adalah Network Interface Card (NIC), Access Point (AP), dan Router sebagai pengganti kabel.
Gambar 1.3 Contoh wireless LAN card
Adapun menurut Habraken, penulis buku Absolute Beginner's Guide to Networking, jaringan komputer didefinisikan sebagai :
Jaringan komputer bisa hanya berupa kumpulan beberapa komputer yang dikumpulkan di lokasi tertentu dan dihubungkan dengan menggunakan media tertentu (seperti kabel maupun nirkabel). Bahkan hingga jaringan besar seperti internet yang menggunakan berbagai media koneksi seperti microwave dan teknologi satelit. Jaringan komputer yang dibentuk itu sendiri digunakan untuk memindahkan data, suara atau bahkan video antar komputer.
Sebuah jaringan komputer disusun atas beberapa bagian, yang pertama adalah komputer itu sendiri, dan media koneksi (misalkan : kabel tembaga, UTP, coaxial, atau fiber optik) dan piranti lain seperti hub, switch, dan router. 

1.2 Kenapa perlu membuat Jaringan Komputer
Ada banyak alasan kenapa seseorang atau sebuah institusi bisnis yang memiliki komputer lebih dari satu harus membuat jaringan komputer untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimilikinya.
Tentunya hal ini tidak terlepas dari apa kegunaan jaringan itu sendiri. Jaringan komputer bisa digunakan untuk melakukan tugas sederhana, seperti membagi printer, internet, hingga tugas yang agak sulit seperti untuk aplikasi kasir point of sale dan video conference.
Gambar 1.1 Sebuah contoh jaringan komputer untuk keperluan
point of sales untuk sebuah bisnis

Semua jenis jaringan, baik skala kecil ataupun besar biasanya dibuat agar bisa membagi resource dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Berikut adalah merupakan beberapa sebab mengapa diperlukan untuk membuat jaringan komputer :
  1. File Sharing. Jaringan komputer membuat user untuk saling berbagi file-file secara langsung. File yang terletak di folder tertentu bisa di-share di jaringan atau diletakkan difile server. Hasilnya user di komputer lain bisa mengaksesnya tanpa mengalami kesulitan karena seolah diakses dari komputer sendiri.
  2. Hardware Sharing. User bisa membagi piranti-piranti di komputernya dalam jaringan. Misalnya piranti-piranti seperti printer, CD ROM, dan hard disk (user bisa mengalokasikan space tertentu di hard disk).  Ketika dipasangkan didalam jaringan, komputer bisa meng-share piranti-piranti di komputer mereka yang memungkinkan pengguna komputer lain untuk mengakses piranti tersebut seolah berada di komputer mereka sendiri. Dengan paradigma seperti ini, penggunaan sebuah piranti akann lebih efisien, misalnya satu buah printer bisa dipakai oleh banyak pengguna komputer yang terhubung ke jaringan.
  3. Program Sharing. Aplikasi-aplikasi tertentu bisa dijalankan dari komputer lain di jaringan. Biasanya file-file aplikasi pokok disimpan di server dari jaringan agar kemudian bisa diinstal melalui jaringan komputer. Hal ini membuat proses instalasi sebuah software di jaringan makin mudah. Hal ini juga membuat proses upgrade dan maintenance aplikasi di seluruh jaringan akan terasa gampang.
  4. Komunikasi. Jaringan komputer memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan berbagai media, seperti email, newsgroup dan konferensi video. Hal ini dimungkinkan karena teks, suara, gambar, dan video dapat ditransmisikan disepanjang jaringan komputer sebagai data. Komunikasi di atas dapat dilakukan di jaringan komputer Local maupun Internet. Ada banyak software yang dapat dilakukan untuk melakukan komunikasi. 
  5. Game Jaringan. Walaupunhal ini sepertinya terlihat "terlalu sepele" namun game jaringan merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan di dunia. Di Korea, bahkan ada universitas khusus yang memiliki jurusan game programming, bahkan ITB ataupun universitas lain di Indonesia juga mulai mengembangkan subjurusan ini. Di ITB, ini dibawah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Game jaringan memang mengasyikkan karena banyak orang bisa bermain game bersama-sama.
  6. Selain itu, alasan penting kenapa sebuah jaringan dibuat adalah karena sebuah jaringan komputer akan mudah dihubungkan ke jaringan komputer lainnya (termasuk internet). Hal inilah yang menjadi pertanyaan "kenapa dikantor-kantor dibuat jaringan agar sebuah koneksi internet tunggal dapat memungkinkan semua komputer di dalam jaringan untuk terhubung ke internet.
1.3 Manfaat jaringan komputer 
Anda sudah mengerti beberapa layanan yang bisa diakomodasi menggunakan jaringan komputer, tapi sebenarnya apa sih manfaat nyata kenapa orang ingin membuat jaringan komputer?
Tujuan pembuatan jaringan komputer adalah agar program piranti, dan data sebuah komputer BISA diakses di komputer lain. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar